Sisfo Kampus OSS

Kunjungan Tim SisfoKampus Ke Bandung

Posted on: April 28, 2009

p4280355

Tim Sisfokampus berada di Bandung dalam minggu ini, ada 2 agenda untuk presentasi di Bandung, Pertama kami bertandang ke STIE Tri Dharma yang terletak di jalan mustapha (suci), kedua, kami diundang oleh Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti yang terletak di jalan Pasirkaliki. Tim yang datang yaitu saya, Irvan, dan siska sedangkan Agendanya adalah presentasi sistem akademik Smart Sisfokampus.

Ada hal yang menarik ketika presentasi di STIE Tri Dharma sehubungan dengan lokasi kampus tersebut, kalo diperhatikan sepanjang jalan mustapha (suci), bertebaran perguruan tinggi mulai dari Universtias, institut, Sekolah tinggi, dan politeknik. jumlahnya mungkin sekitar belasan, dan tergolong perguruan tinggi yang cukup lama berdiri. Ini berarti persaingan di sepanjang jalan itu sangat ketat, calon mahasiswa dapat membandingkan  kampus satu dengan yang lain secara obyektif.  Faktor yang menjadi pertimbangan para calon mahasiswa pastilah salah satunya bagaimana layanan yang diberikan kampus khususnya layanan dengan teknologi informasi. Penerapan teknologi informasi yang tepat, inovatif, dan kreatif menjadi salah satu senjata yang ampuh bagi perguruan tinggi untuk dapat unggul memenangkan persaingan di level ”red ocean”. Tantangan terletak bagaimana manajemen menempatkan peranan teknologi informasi apakah hanya sebagai support saja atau driven. Dari best practises yang kami temui, ada tiga fase besar penerapan teknologi di perguruan tinggi, Pertama, perguruan tinggi  menerapkan sistem secara manual. Penerapan manual ini identik dengan pekerjaan yang memakan waktu, tingkat akurasi yang rendah, tidak efisien, dsb. Kedua, dari penerapan manual dilakukan penerapan komputerisasi secara partial (island computerized) sesuai bisnis proses yang dianggap fundamental, seperti proses akademik, KRS, KHS, jadwal kuliah, dan sebagaimnya. Biasanya dilakukan secara internal (in house) oleh divisi TI atau kolaborasi dengan mahasiswa. Permasalahannya, karena banyak proses yang tidak terintegrasi sehingga menyebabkan informasi yang dihasilkan tidak komprehensif, terjadi double entry, dan kesulitan dalam menghasilkan laporan terutama laporan ESBED untuk DIKTI. Ketiga, penerapan secara terpadu (integrasi) mulai dari front desk (Penerimaan Mahasiswa Baru) sampai dengan keuangan. Tantangannya terletak di sumber daya manusia, belum adanya standar operating yang baku, dan ketersediannya sumber daya (infrastruktur dan dana). Ketiga fase ini yang umumnya terjadi disetiap perguruan tinggi, hanya sebagian kecil perguruan tinggi yang sejak awal sudah memikirkan pengembangan TI secara serius.

Dari hasil diskusi, disepakati bahwa peranan sistem informasi akademik terpadu yang berkualitas sudah menjadi keharusan  yang semakin mendesak dalam  layanan kepada civitas akademi secara profesional.

2 Tanggapan to "Kunjungan Tim SisfoKampus Ke Bandung"

Saya tertarik sekali dengan sisfo Kampus.
Bagaimana caranya kontak team sisfo kampus, jika saya ingin mengimplementasikan Sisfo Kampus di IKIP tempat kami dan berapa biayanya.

Terima kasih

Boedy Irhadtanto

Trims atas komennya Pak Boedy..
silakan hubungi 021.62312911 dengan bu nana atau mery. atau email ke sofian@usmart-online.com. trims pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: