Sisfo Kampus OSS

Perguruan Tinggi Mutlak Harus Kuasai TIK

Posted on: Februari 13, 2008

Dimuat di Sumatera Express, 13 Februari 2008

Seminar Kopertis II Sumatera Selatan “Penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi Yang Efektif Sesuai Dengan Kebutuhan Manajemen Perguruan Tinggi”

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di perguruan tinggi (PT) menjadi hal mutlak bila ingin menjadi maju, bahkan berskala internasional. Namun, ternyata masih banyak PT di Indonesia yang belum menggunakan TIK sebagai bagian dari PT.Untuk itu, pihak Kopertis II bekerja sama dengan konsultan TIK Smart Sisfokampus menggelar Seminar Modern Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang efektif sesuai dengan kebutuhan manajemen perguruan tinggi. Seminar berlangsung di Aula Kopertis II, kemarin (11/2) yang diikuti sekitar 100 orang perwakilan PT se-Kopertis II.

Ketua Kopertis II, Prof Chuzaimah Dahlan Diem MLSEdD menjelaskan, pentingnya penggunaan TIK di perguruan tinggi. “Sangat penting bagi PT menggunakan TIK di era global saat ini, Kopertis II sendiri mengharapkan seluruh PTS wilayah Kopertis II memiliki website untuk komunikasi dengan cepat,” ujarnya.Untuk diketahui, secretariat Kopertis II telah me-launching jaringan Indonesia Higher Education Network (Inherent), 8 Januari 2008 lalu. Saat ini PT Sumsel yang memiliki jaringan Inherent baru, Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Bina Darma (UBD). Sedangkan yang sedang berada di dalam proses yaitu STMIK MDP, STIE Musi, dan UMP.Dilanjutkan Chuzaimah, masih banyak dosen di wilayah Kopertis II yang belum “melek” TIK. “Dosen yang belum “melek” TIK bisa dilihat dari bahan ajarnya yang terbatas, karena tidak semua informasi yang berkaitan dengan bahan ajar terdapat di buku sehingga membutuhkan internet,” ungkapnya.Pengenalan dosen ataupun PT terhadap TIK akan dilanjutkan secara kontinu. “Kopertis akan memberikan pelatihan ataupun menginformasikan mengenai TIK secara kontinu kepada PT,” tukasnya.

Sementara itu, CEO Sisfo Strategic learning and Consulting, Jonathan Sofian Lusa, SE MCom didampingi Program Director Sisfo Strategic Learning and Consulting, Lina Triastuti SE MM yang memberikan paparan mengenai Perancangan Usulan TIK untuk Perguruan Tinggi dan Penerapan Sistem Informasi Akademik Open Source Smart sisfokampus, menjelaskan sisfokampus menawarkan layanan sistem TIK dilatarbelakangi oleh banyaknya sekolah atau PT yang belum punya ICT master plan. “Banyak PT yang belum punya ICT master plan sehingga dana yang tersedia untuk TIK kerap terbengkalai ataupun PT memiliki gap dengan masyarakat yang menyebabkan transfer pengetahuan ke masyarakat menjadi tidak maksimal,” beber Jonathan.Padahal menurutnya, sistem TIK menjadi nilai jual tersendiri bagi PT agar memiliki daya saing. “Kami menawarkan layanan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan sebuah PT,” tuturnya.

Bagi PT yang memiliki SDM yang cukup untuk pengelolaan sistem TIK, maka Sisfokampus dapat dikembangkan sendiri, karena Sisfokampus merupakan sebuah sistem open source (terbuka, red) yang bisa diakses secara free. Tetapi bagi PT yang SDM-nya kurang memadai, maka konsultan Sisfokampus bisa membantu mulai bentuk pelatihan SDM, perencanaan infrastruktur, hingga perencanaan software. Sisfokampus sendiri telah diakses 5.000 PT di Indonesia, diantara 30 PT tersebut menggunakan jasa konsultan.Pembicara lain, Deden Witarsyah dan Dedy Syamsuar MT dari UBD, mengatakan Inherent sangat penting untuk mengoneksikan jaringan pendidikan tinggi di Indonesia. “In-herent sebagai salah satu jaringan yang mengoneksikan pendidikan tinggi di Indonesia, akan memudahkan kordinasi PT di Sumsel dengan Kopertis sebagai pusatnya,” tukasnya. Dengan Inherent, pengguna bisa menikmati video conference, e-learning, dan fasilitas TIK lainnya.Di Indonesia sendiri, baru 20 persen PT yang terkoneksi dengan jaringan Inherent. “Daya saing Indonesia masuk urutan ke-30 negara dalam TIK, kita kalah teknologi dan inovasi,” pungkas Deden. (mg5)

2 Tanggapan to "Perguruan Tinggi Mutlak Harus Kuasai TIK"

[…] mengucapkan terima kasih kepada Kopertis II Prof. Chuzaimah Dahlan Diem, M.L.S., Ed.D dan Sumatera Express yang meliput sehingga terselenggara seminar ini dengan baik.. […]

saya pendatang baru ingin bergabung untuk menambah wawasan saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: