Sisfo Kampus OSS

Mahalkah Investasi pada Sisfo Kampus?

Posted on: Juli 25, 2007

Sisfo Kampus adalah produk Open Source. Sebagaimana jenisnya, produk Open Source adalah produk yang tidak memerlukan lisensi kepemilikan. Kita dapat memiliki dan menggunakan produk Open Source secara cuma-cuma.

Satu pertanyaan yang berkaitan dengan etika Open Source adalah dapatkah kita menjual produk yang kita peroleh gratis tersebut kepada pihak lain? Jawaban etis tentunya adalah “tidak”. Mengapa? Para pencipta produk Open Source tentunya memiliki tujuan mulia yaitu agar produknya dapat digunakan oleh semua orang dan para penggunanya mendapat manfaat yang besar.

Bagaimana dengan Sisfo Kampus? Kami sebagai pencipta dan pengembang applikasi Sisfo Kampus yang open source juga memiliki mimpi dan tujuan agar Sisfo Kampus dapat digunakan secara bebas oleh para pemakai (bukan para pengembang). Menggunakan Sisfo Kampus sama dengan menggunakan produk open source lainnya. Pemakai cukup mencoba memanfaatkan semaksimal mungkin semua feature-feature yang ada.

Sama seperti Linux, DIA, PHP, dll, seringkali kita membutuhkan percepatan pembelajaran agar kita dapat segera memanfaatkannya. Untuk itu biasanya kita mengambil kursus atau training supaya lebih cepat memahami. Sebenarnya untuk produk yang berlisensi pun kita juga masih memerlukan pelatihan agar kita dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin. Sisfo Kampus pun demikian, para pimpinan Perguruan Tinggi yang ingin menggunakan Sisfo Kampus, dapat mengambil kesempatan training yang diadakan oleh Sisfo Kampus secara regular maupun training secara internal. Selain itu agar Sisfo Kampus dapat diimplementasikan dengan sukses dan dapat dikustomisasi sesuai proses bisnis pada masing-masing Perguruan Tinggi, pimpinan dapat pula mengajukan permintaan untuk jasa implementasi total.

Mahal atau murah berinvestasi di Sisfo Kampus sangat bergantung pada kondisi Peguruan Tinggi masing-masing. Faktor yang mempengaruhi besarnya biaya investasi pada Sisfo Kampus adalah:

  1. Resources yaitu SDM dan infrastruktur

Bagi Perguruan Tinggi yang siap dengan resources baik SDM maupun infrastruktur, tentunya dapat mengimplementasikan Sisfo Kampus dengan biaya yang lebih murah. Sebaliknya bagi perguruan tinggi yang belum memiliki resources yang memadai tentunya akan mengeluarkan investasi yang lebih mahal karena harus menyiapkan terlebih dahulu resources-nya.

2. Bisnis Proses Perguruan Tinggi

Bagi Perguruan Tinggi yang memiliki program studi atau fakultas lebih sedikit akan mengeluarkan investasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan Perguruan Tinggi yang memiliki fakultas atau prodi lebih banyak. Semakin kompleks Bisnis Proses pada Perguruan Tinggi tersebut, tentu semakin mahal biaya investasi.

Bagaimana? Masih ragu dengan Sisfo Kampus? Silakan mendownload dan mengeksplor Sisfo Kampus sepuas-puasnya untuk solusi perbaikan manajemen perguruan tinggi anda.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: